Singgah di Rumah Mba Ayu, Homestay Nyaman & Instagramable di Yogyakarta

by - September 04, 2018


Jogja itu istimewa. Saya rasa, siapa pun yang pernah berkunjung ke kota gudeg ini pasti setuju. Makanya gak heran, kalau Jogja kerap jadi jujugan para wisatawan untuk berlibur. Dan Jogja sendiri pun tau diri. Demi memanjakan para tamunya, Jogja terus bersolek. Destinasi-destinasi wisata di Jogja terus bermunculan. Begitu juga dengan tempat kulineran dan penginapan. Tinggal pilih mana yang sesuai keinginan dan budget.

Ngomong-ngomong soal penginapan, Sabtu (1/9/2018) kemarin, saya diajak Manda, seorang teman blogger pemilik blog www.tamasyaku.com, mengunjungi sebuah homestay di kawasan Nitikan, Umbulharjo. Rumah Mba Ayu, itu nama homestaynya. Weekend kemarin, Manda dan keluarga nginep di Rumah Mba Ayu. Saya diajakin juga. Tapi karena saya ada acara di Surabaya, jadi saya kudu buru-buru pulang. 

Dari luar, Rumah Mba Ayu terlihat seperti rumah-rumah di kompleks perumahan mewah, dengan desain modern minimalis. Bangunan rumah dua lantai itu didominasi warna putih. Sewaktu masuk ke dalam rumah dan melihat interiornya yang manis dan instagramable, saya langsung menyesal sudah membeli tiket pesawat untuk malam nanti.

Tampak depan Rumah Mba Ayu

Welcome to Rumah Mba Ayu


Fasilitas Lengkap

Ada enam buah kamar di Rumah Mba Ayu. Dua kamar di lantai satu, dan empat kamar di lantai atas. Dua kamar di lantai bawah terlihat nyaman dengan desain yang eye catching. Masing-masing kamar di lantai satu dilengkapi kamar mandi. Ada satu kamar yang dilengkapi bathtub.

Kalau kamar-kamar yang di lantai atas, kamar mandinya di luar kamar. Ada dua kamar mandi yang bisa digunakan bergantian. Di semua kamar mandi sudah disediakan sabun mandi, shampoo dan handuk.

Kamar di lantai 1

Bathtub

Rumah Mba Ayu ini cocok banget buat yang liburan rame-rame bareng keluarga atau teman. Ruang tamu dan ruang keluarganya cukup nyaman buat dipake nyantai sambil ngopi dan ngobrol bertukar cerita. Mau ngerumpi rame-rame atau ngobrol dalam scope kecil juga bisa. Soalnya di Rumah Mba Ayu ini ruang duduknya gak cuma satu. Jadi asyik banget.

Ruang tamu

Ruang duduk di lantai 1

Ruang duduk di lantai 2. Foto by Manda

Ngerumpi di ruang makan sambil nunggu masakan siap juga bisa. Karena di sini juga sudah tersedia dapur plus ruang makan yang menghadap ke taman. Dapurnya komplit. Sudah ada peralatan masak, peralatan makan, kulkas, juga rice cooker. Jadi enak banget nih kalo nginep rame-rame bisa bawa bahan makanan, trus dimasak dan dimakan bareng-bareng. Kalo air minum, kopi, teh dan gula gak usah khawatir, karena sudah tersedia.

Ruang makan

Dapur

Setiap Sudutnya Instagramable

Ada satu sudut favorit saya di Rumah Mba Ayu ini. Yaitu ruang santai berkarpet tebal dengan rak penuh buku. Waaah kebayang kalo saya nginep di sini, saya bakal betah berlama-lama baca buku di situ. Bisa sambil duduk santai, atau sambil gegoleran manjah.

Perpustakaan mini

Enak buat baca buku

Enak juga buat ngerumpi 😀

Buat kamu yang suka foto-foto cantik buat diupload di instagram, dijamin puas di Rumah Mba Ayu ini. Karena setiap sudut rumahnya emang manis dan instagramable banget. Mulai dari ruang tamu, ruang santai, kamar, bahkan tangganya pun gak kalah cantik untuk dijadiin tempat pepotoan. Saya ama Manda aja sampe gemess rasamya, pengen berfoto di setiap sudut Rumah Mba Ayu ini.

Tangga instagramable

Pantang untuk dilewatkan

Lokasi Strategis dan Harga Bersahabat

Kelebihan lain dari Rumah Mba Ayu ini adalah lokasinya yang cukup strategis. Dekat dengan De Mata Trick Eye Museum. Dari Kebun Binatang Gembiraloka, Alun-alun Jogja dan Malioboro juga tidak terlalu jauh. Hanya perlu waktu sekitar 15 sampai 20 menit saja. 

Rumah Mba Ayu ini bisa disewa per kamar, per lantai, atau disewa full satu rumah. Harganya gak mahal-mahal banget. Untuk kamar, harganya mulai dari Rp 150ribu sampai Rp 300ribu per kamar. Kalau mau sewa per lantai harganya Rp 700ribu. Dan kalau mau sewa full satu rumah harganya Rp 1,1juta per malam. Lumayan kan kalo nginep rame-rame ama temen bisa sewa full satu rumah, ongkosnya jadi ringan karena bisa sharing.


***

Kayaknya next time kalo ke Jogja lagi ama keluarga, saya pengen ajak nginep di Rumah Mba Ayu deh. Tempatnya beneran nyaman banget. Jadi berasa liburan di rumah sendiri dengan suasana yang lebih menyenangkan tentunya. 

Kalo teman-teman penasaran dan pengen juga nginep di Rumah Mba Ayu, cuss kepoin instagramnya @rumah_mba_ayu

Rumah Mba Ayu
Jl. Nitikan Gg. Abimanyu No 1092
Yogyakarta 55162

You May Also Like

4 comments

  1. Naaaahh kaaann jadi nyesel nggak nginap sini, semoga berjodoh dengan rumah mba Ayu ketika nanti ke Jogja lagi ya mba Dian. Aaaamiinnn ^_^

    ReplyDelete
  2. Homestaynya hommy banget, serasa di rumah sendiri, betah jadinya ya mbak

    ReplyDelete
  3. Duuh senang x bisa dapat rekomendasi penginapan sebagus ini...lebih merasa ada dirumah sendiri aja..

    ReplyDelete
  4. Mbaaaa..
    Ya ampoonnn saya mupeng semupeng2nyaaaa...
    Lalu meluncur ke IG nya dan sediiihhh
    Huwaaaaaaa full sampai Maret 2019

    Kan saya bisa kebawa mimpi nih gak kesampaian nginap di sini, huhuhu.
    Semoga lain kali ke Jogja bisa nginap di sini 😍😍

    ReplyDelete