5 Tips Supaya Tubuh Tetap Fit Menghadapi Cuaca yang Kurang Bersahabat

by - October 06, 2018


Memasuki bulan berakhiran 'ber' seperti sekarang ini, cuaca mulai bikin baper gak menentu. Hujan mulai sering turun. Tapi beberapa saat kemudian tiba-tiba matahari bersinar terik. Di malam hari udara berubah menjadi dingin dan berangin. Menghadapi perubahan cuaca yang seperti ini, tubuh harus bisa beradaptasi. Supaya nggak drop dan terserang penyakit yang memang kerap muncul di musim pancaroba seperti influenza, demam, batuk, hingga radang tenggorokan.

Supaya tubuh tetap fit menghadapi cuaca yang tak menentu seperti sekarang ini, saya punya beberapa tips nih..

1. Menjaga Pola Makan


Makan tidak cukup hanya dengan sekadar kenyang saja. Tapi kita harus pastikan bahwa makanan yang kita konsumsi memenuhi unsur gizi seimbang yang diperlukan oleh tubuh. Menu gizi seimbang itu tidak bisa dipenuhi oleh salah satu jenis makanan saja, tapi harus beragam dan bervariasi. Sebaiknya terpenuhi semua unsurnya yang terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, juga serat. Bila dibagi prosentasenya adalah 15% protein hewani, 35% karbohidrat, 35% sayuran, dan 15% buah. 

Lebih bagus lagi bila mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan. Mengapa? Karena antioksidan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sumber makanan yang kaya antioksidan antara lain sayuran, gandum, cokelat hitam, juga buah-buahan seperti apel, ceri, dan beri. 

2. Istirahat Cukup


Kurang istirahat, bisa menyebabkan daya tahan tubuh kita menurun. Makanya kita tidak boleh mengabaikan istirahat kalau ingin tetap fit menghadapi musim yang tak bersahabat seperti sekarang ini. Tidur selama 6-8 jam sehari sudah cukup untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran kita. 

Jadi, kurang-kurangin ya yang namanya begadang. Kata Bang Roma, begadang jangan begadang kalau tiada artinya. Begadang boleh saja kalau ada perlunya. Kalau terlalu banyak begadang. Muka pucat karena darah berkurang. Kalau sering kena angin malam. Segala penyakit akan mudah datang. Hayooo... siapa yang bacanya sambil nyanyi? 😁😁😁

3. Sempatkan Berolahraga


Meskipun cuaca sedang tidak bersahabat, kita tetap harus meluangkan waktu untuk berolahraga. Setidaknya 30 menit dalam sehari. Kalau tidak memungkinkan untuk berolahraga di luar ruangan, kita tetap bisa berolahraga di dalam rumah kok. Bisa dengan treadmill, sepeda statis, atau mengikuti gerakan zumba dari channel youtube favorit. Yang penting tubuh kita tetap aktif bergerak. 

Selain baik untuk menjaga tubuh supaya tetap bugar, olahraga juga bisa bikin mood kita jadi lebih baik looh.. Kenapa? Karena olahraga mampu meningkatkan hormon endorfin, atau yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan. Olahraga merupakan cara yang efektif untuk mengobati stres dan membantu meningkatkan kualitas tidur. Coba deh kalo gak percaya, sehabis olahraga biasanya tidur kita jadi lebih nyenyak. Bener kan? 

4. Perbanyak Minum Air Putih


Dalam sehari, kita dianjurkan mengkonsumsi sedikitnya delapan gelas air putih atau sekitar dua liter untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Karena cairan sangat penting untuk membuat suhu tubuh kembali normal. Terlebih di tengah cuaca yang tidak bersahabat, dimana tubuh mungkin akan lebih banyak kehilangan cairan. Hidrasi yang baik akan melancarkan mekanisme dan metabolisme di dalam tubuh, termasuk meningkatkan imunitas tubuh.

5. Konsumsi Minuman Hangat Berbahan Alami

Di tengah cuaca yang gak menentu begini, paling enak nyantai di rumah sambil menikmati minuman hangat seperti wedang jahe. Kalau dulu, setiap ingin minum wedang jahe saya harus menyiapkan dulu jahenya, membersihkan, menggepreknya, kemudian merebusnya bersama dengan gula aren. 

Sekarang gak perlu rempong geprek-geprek jahe lagi, karena sudah ada Herbadrink varian Sari Jahe. Tinggal sobek bungkusnya, tuang ke dalam cangkir, dan seduh dengan air panas. Lebih praktis.

Herbadrink Sari Jahe

Herbadrink Sari Jahe ini favorit saya kalo lagi pengen cari minuman yang anget-anget dan menyegarkan. Yang saya suka, Herbadrink Sari Jahe ini sugar free. Jadi cocok buat yang sedang diet dan mengurangi konsumsi gula. 

Selain varian Sari Jahe, saya juga suka Herbadrink Sari Temulawak. Varian ini enak dinikmati panas ataupun dingin. Tau kan manfaat temulawak? Selain untuk menjaga fungsi hati, secara alami temulawak juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi varian inipun cocok dinikmati di tengah cuaca yang kurang bersahabat seperti sekarang ini. Pokoknya, Herbadrink emang minuman herbal favorit yang punya #KebaikanAlami.

Herbadrink Sari Temulawak

Ngomong-ngomong soal Herbadrink, sebenernya ada satu lagi varian favorit saya. Yaitu varian Lidah Buaya. Kalo yang ini sih paling nikmat diminum dingin. Gak cuma dapat segarnya, tapi juga manfaat kebaikan lidah buayanya. Selama ini, orang taunya manfaat lidah buaya adalah untuk perawatan rambut dan kulit. 

Tapi tau nggak, kalau lidah buaya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, mengobati sembelit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sebagai antioksidan, dan menurunkan gula darah. See, ternyata banyak banget kan manfaat dari lidah buaya? Dan segala manfaat itu bisa kita dapatkan dengan mudah dari Herbadrink varian Lidah Buaya.

Herbadrink Lidah Buaya

***

Kita gak mungkin menghindari perubahan cuaca, karena itu adalah kuasa Allah. Yang perlu kita lakukan hanyalah menikmati saja setiap musim dan pergantiannya dengan bahagia dan penuh rasa syukur. Untuk bisa menikmati setiap perubahan cuaca, tentunya tubuh kita harus fit. Semoga tips dari saya bermanfaat ya..

You May Also Like

2 comments

  1. Hallo, Mbak. Salam kenal. Tipsnya applicabel banget ya. Tapi memulainya dengan niat dan menjaga konsistensinya yang gak mudah. Btw, Herbadrink ada yang lidah buaya to? Baru tau saya.

    ReplyDelete
  2. Baru nyoba yang temulawak mbak, enak rasanya manis asem

    ReplyDelete