Tips Merawat Sepeda Motor

by - October 21, 2023


Sampai sekarang, sepeda motor masih menjadi kendaraan favorit bagi banyak orang. Terutama buat yang tinggal di daerah rawan macet. Sepeda motor merupakan pilihan paling tepat buat menemani aktivitas sehari-hari. 

Tapi dari sekian banyak pengguna sepeda motor, kayaknya cuma beberapa persen aja yang peduli dan rutin mengajak sepeda motor kesayangannya jalan-jalan ke tempat service motor untuk mengecek kondisi si sepeda motor. Paling baru sowan ke tempat service motor kalo motornya udah ngadat atau bermasalah. Hayoo ngaku!! Siapa yang kayak gini?!

Padahal, sudah seharusnya kita memperlakukan kendaraan pribadi dengan sebaik-baiknya. Jangan tunggu sampai si motor kenapa-kenapa baru dibawa ke tempat service motor. Kasian motornya… 

Jadi sebaiknya, pengecekan kondisi sepeda motor itu kita lakukan secara rutin. Kalo ngerasa gak paham mesin, gak usah kuatir. Langsung bawa aja ke tempat service langganan. Tapi sebaiknya, kita juga wajib tau niih, bagian-bagian apa aja yang sebaiknya dicek saat melakukan service motor? 

8 Bagian yang Perlu Dicek Waktu Service Motor

1. Oli Mesin

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, juga penyekat antar komponen mesin yang melindungi mesin supaya gak rusak kena gesekan. Makanya, kita perlu rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh yang sudah dicapai. Rata-rata pabrikan motor merekomendasikan penggantian oli ketika sudah mencapai 2500 km.

Tapi beberapa tahun terakhir, sudah ada pabrikan/retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000 km atau 2 kali lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2 kali lebih lama dari oli biasa. Karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

Pilih oli motor yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan kita. Jadi kalau teman ngopi menggunakan sepeda motor matic, ya sudah seharusnya menggunakan oli motor matic terbaik untuk sepeda motornya. 


2. Oli Gardan

Selain oli mesin, pengguna sepeda motor matic juga wajib memperhatikan kondisi oli gardan. Bedanya dengan oli mesin adalah fungsinya. Kalo oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Sedangkan oli gardan fungsinya untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT).

Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2 kali ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1 kali ganti oli gardan.

3. Ban

Ban juga merupakan bagian yang harus dicek waktu service motor. Kita wajib banget mengecek kondisi ban secara rutin. Jangan sepelekan kondisi ban yang sudah gundul. Ini akan sangat membahayakan kita. Kalau ban sudah gundul, wajib hukumnya untuk segera diganti. 


Pemeriksaan ban biasanya meliputi pemeriksaan tekanan udara di dalam ban, juga kondisi ban secara keseluruhan. 

4. Busi Motor

Bagian berikut yang wajib dicek sewaktu service motor adalah busi. Busi ini fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala.

Sebagai salah satu komponen penting dalam sistem pembakaran motor, kita harus memastikan apakah kondisi busi masih berfungsi dengan baik atau tidak? Kalo busi sudah tidak berfungsi dengan baik, maka harus diganti.

5. Kampas Rem

Kampas rem juga merupakan salah satu bagian penting yang perlu dicek saat service motor. Kalau kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem. Dan ini bahaya, karena bisa jadi penyebab kecelakaan. Makanya, penting banget untuk selalu mengecek kondisi kampas rem secara rutin.

6. Aki atau Accu

Sebagai sumber listrik pada sepeda motor, kondisi aki juga perlu untuk diperhatikan. Dalam kondisi mesin mati, tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki idealnya berada pada 13,7-14,2 Volt.

Nah, kalau tegangan pada aki sudah tidak sesuai dengan angka ideal tersebut, atau ditemukan adanya kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, maka mau gak mau harus segera diganti. Biar kita tetap bisa berkendara dengan nyaman.

7. Filter Udara

Fungsi filter adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran supaya jangan sampai ada kotoran yang ikut masuk dan menyumbat sistem injeksi dan karburator. 

Sewaktu service motor, kita bisa meminta mekanik untuk mengecek kondisi filter udara. Apakah masih bisa dibersihkan, atau sudah harus diganti dengan yang baru?

8. Tune Up

Tune up merupakan prosedur perawatan berkala untuk sepeda motor. Tujuannya adalah untuk mengembalikan sepeda motor pada kondisi kerja yang optimal. Tune up sepeda motor meliputi pemeriksaan semua komponen. Terutama komponen-komponen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Biasanya tune up rutin termasuk pemeriksaan tekanan ban, kondisi lampu, karburator, tegangan rantai, rem, dan klakson.


Ada kalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Namun tenang saja, mekanik akan menginformasikan terlebih dahulu kepada kita. Jika kita setuju, baru mekanik akan melakukan perbaikan.

Tempat Service Motor Terbaik

Memilih tempat service motor sebaiknya jangan asal-asalan. Ingat, ini urusannya ama keselamatan kita ketika berkendara. Jadi sebaiknya pilih tempat service motor yang memang bagus dan bisa diandalkan. Kalau rekomendasi saya sih, Planet Ban aja! Di Planet Ban, kita bisa service motor rasa baru loh..

What? Service motor rasa baru? Iya, service motor rasa baru! Service motor rasa baru ini dikenal juga dengan sistem service terpadu. Tujuannya untuk meningkatkan performa motor dengan cara yang cepat dan biaya yang lebih hemat.

Pada service motor rasa baru ini, pemeriksaan dan perbaikan motor difokuskan pada bagian vital kendaraan yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, jarang dicek, dan jarang disetel rutin.

Manfaat Service di Planet Ban

  • Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Dengan begini, otomatis, mesin jadi lebih awet dan jarang rusak.
  • Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan jadi lebih enteng.
  • Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000 km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kamu gak perlu sering-sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat.
  • Kita bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Apa Bedanya Service Motor di Planet Ban dengan Tempat Service Lain?

Kalau service motor di tempat lain, kadang suka masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Malah kadang masih ditemukan juga kotoran dan debu di blok CVT yang bikin motor jadi terasa berat.

Sementara kalau service motor di Planet Ban, seluruh bagian mesin akan dibersihkan sampai kelihatan seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu, dan kotoran. Pokoknya sepeda motor kita bakal jadi kelihatan seperti baru deeh..


Di Planet Ban, untuk service motor selengkap ini, harganya sangat terjangkau. Untuk service motor injeksi, harganya cuma Rp 20.000. Service CVT plus rantai harganya Rp 19.500. Bahkan untuk service throttle body, harganya cuma Rp 20.000. Sangat terjangkau kan?

Jadi tunggu apa lagi? Jangan tunggu sampai sepeda motor kesayangan kamu rusak baru dibawa ke tempat service. Buruan bawa sepeda motor kesayangan kamu ke Planet Ban sekarang juga, buat dapetin layanan service terbaik untuk service motor rasa baru..


You May Also Like

14 comments

  1. Kirain Planet Ban cuma buat ngganti ban aja. Ternyata bisa servis motor juga yaaa.. Recommended pula

    ReplyDelete
  2. Aku selalu servis motor di Planet Ban. Hasilnya emang memuaskan. Harganya juga terjangkau. Pokoknya recommended banget!

    ReplyDelete
  3. Tanggung jawab setelah memiliki motor adalah merawatnya agar bisa awet dan nyaman dipakai. Kalau mesin bagus, terutama bagian oli, asap gak terlalu tebal dan gak bau. Ramah lingkungan deh jatuhnya. Hatur nuhun infonya, Teh ^_^

    ReplyDelete
  4. Kadang emang gitu, ya, sepeda motor ngadat trus baru deh dibawa ke bengkel. Hehe. Sekarang Planet Ban tersebar di banyak tempat, ya. Jadi kalo mau servis motor yang lengkap bisa deh meluncur ke sana :)

    ReplyDelete
  5. Emang oke nih planet ban bengkel kekinian sudah teruji kepercayaannya🥰

    ReplyDelete
  6. ngerawat motor jadi kayak ngerawat anak ya mak, kudu disayang-sayang banget. enak kalau di planet ban jadi pasti terawat servis rutinnya

    ReplyDelete
  7. Palnet Ban paling pengertian, andalan emak-emak yang ga paham mesin kek aku, hihi. Pernah kampas rem kudu ganti, semua bengkel tutup pas malam. Akhirnya melipir ke Planet Ban karena tutupnya jam 8 malam. Alhamdulillah

    ReplyDelete
  8. kalau motor rajin di cek secara lengkap, dipakai pun nyaman ya mbak baik jarak dekat atau jarak jauh

    ReplyDelete
  9. Kalo kita sekeluarga udah lama nih langganan di bengkel terpercaya seperti PB, selain fasilitas yang okay, pelayanan gercep, mekaniknyabudah kenal banget.Jadi percaya aja semuanya dihandle secara sempurna

    ReplyDelete
  10. Penting banget merawat motor agar selalu siap menemani perjalanan kita, aku pun juga begitu kalau servis motor di planet ban, dulu pernah mikir planet ban itu cuman khusus buat jual ban aja eh ternyata ada layanan servis motor juga

    ReplyDelete
  11. Sepeda motor emang harus selalu rutin diservis ya biar awet dan gak gampang rewel. Apalagi yang sepeda motornya tiap hari dipake kayak punyaku. Hukumnya wajib servis rutin. Hehe

    ReplyDelete
  12. Emang ya servis rutin tuh penting banget supaya kita selalu bisa berkendara dengan aman. Apalagi kalo motornya dipake setiap hari. Wajib tuh

    ReplyDelete
  13. Servis rutin memang penting banget agar motor selalu prima dan Planet Ban adalah jawabannyaa yang nggak perlu diragukan.

    ReplyDelete
  14. Rutin service motor itu ibarat merawat kulit, harus rajin pakai skincare, biar kinclong dan terawat, enak dipakainya 🤣

    ReplyDelete